Welcome in my World life

Semua yang enak-enak , semua yang asik-asik , semua yang keren , semua yang bikin fun ada di sini cooy...

Kamis, 20 Oktober 2011

Dishub Surakarta Jadi Acuan Kota-Kota besar Di Indonesia

 Visi Kota Solo
"Terwujudnya kota solo sebagai kota budaya yang bertumpu pada potensi perdagangan jasa,pendidikan,pariwisata dan olah raga"
(Walikota Surakarta : Ir.Joko Widodo)
Seperti yang di paparkan oleh pak Jokowi melalui visi Kota Solo,sekarang ini kota Solo giat melakuran perbaikan di berbagai sektor sektor yang paling menonjol perkembanganya yaitu di bidang transportasi,kota Solo sudah mulai menerapkan teknologi-teknologi canggih guna memperlancar proses transportasi.Usaha-usaha yang di lakukan oleh dishub kota Solo ini kini sudah mulai di tiru oleh kota-kota besar lainya .


 People move not car move  kata ini  merupakan semboyan dari Dishub Surakarta,mereka bertujuan untuk membuat para pengendara mobil setidaknyaman mungkin untuk menggunakan mobil mereka sehingga beralih ke kendaraan umum...

Kota Surakarta sebagai kota yang mengemban beragam fungsi(perdagangan,jasa,pariwisata,industri,pendidikan dan olahraga) menimbulkan meningkatnya mobilitas dan aksesbilitas penduduk di dalam kota yang lumayan tinggi,hal ini menyebabkan makin kompleksnya masalah transportasi yang di hadapi di dalam kota tersebut.


Untuk mengantisipasi hal di atas ,pembangunan sarana transportasi diharapkan dapat berperan besar sebagai urat nadi kehidupan ekonomi,sosial,budaya ,politik,dan keamanan sehingga dapat memperlancar lalulintas penumpang dan barang.Salah satu upaya peerintah kota Surakara dala pembangunan sarana transportasi diantaranya dipasangnya sistem pengendali lalu lintas yang terpadu yaitu Area Traffic Control System (ATCS).



Manfaat dari ATCS sendiri adalah untuk :
1.Monitoring kondisi dan status simpang secara terpusat,pemgendalian secara remote,sehingga antisipatif terhadap dinamika lalu-lintas 
2.Koordinasi antar simpang ,meminimalkan waktu stop pada traffic light,travel time lebih singkat sehingga : penghematan BBM,pengurangan polusi ,mempermudah pemberian informasi pada masyarakat.



Hari ini saya bersama rekan rekan  mata kuliah Perencanaan Jalan Rel dan Moda Angkutan Massal melakukan kunjungan ke DISHUB Surakarta , di sana kami mendapatkan banyak pengetahuan baru , diantaranya tentang ITS ( Intelegent Transportation System ) yang sudah lumayan canggih serta system-system apa saja yang di terapkan demi kelancaran lalu-lintas di kota Surakarta ini.
Hampir semua traffic light sudah di pasangi camera yang dapat di tinjau dari kantor(pusat monitoring),sehingga jika ada sesuatu masalah dapat langsung di ambil tindakan.Selain itu kami juga mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang bagaimana mengontrol lalu lintas dengan baik dan benar.





Sebagai penutup berikut visi dinas perhubungan kota Surakarta 
Terwujudnya lalu lintas angkutan jalan yang selamat,aman ,cepat,lancar,tertib,teratur,nyaman dan efisien yang mampu memadukan moda transportasi sebagai pendorong ,penggerak dan penunjang pembangunan sektor transportasi yang berwawasan lingkungan di kota Surakarta.




 

1 komentar:

  1. Nah gitu dong nas..tapi tulisane diapike...

    blog ku sing suwe di banned google...

    iki sing anyar...

    http://alizaka.blogspot.com/

    di follow ya nas... sama link terkaitnya diganti

    wis.. ojo dolanan "kuwi" meneh....mengko di banned karo mbah google...

    BalasHapus