Welcome in my World life

Semua yang enak-enak , semua yang asik-asik , semua yang keren , semua yang bikin fun ada di sini cooy...

Sabtu, 05 November 2011

Why People Hate Their Car


Transportasi darat merupakan moda transportasi yang paling dominan di Indonesia dibandingkan moda tranportasi lainnya seperti transportasi udara dan transportasi laut.. Dominanya hal tersebut merefleksikan tingginya ketergantungan penduduk Indonesia terhadap moda transportasi ini. 

Oleh sebab itu, perencanaan pengembangan transportasi darat menjadi prioritas utama dalam rangka pembangunan Indonesia secara keseluruhan. Pengembangan transportasi darat dibutuhkan tidak hanya untuk mengatasi permasalahan transportasi yang terjadi saat ini, tetapi juga untuk menjawab permasalahan transportasi yang diperkirakan muncul di masa yang akan datang.Permasalahan tersebut jika tidak di ambil tindakan yang effektif maka suatu saat akan terjadi suatu kondisi dimana tingkat kemacetan mencapai 100 persen.



Dari permasalahan yang terjadi maka pihak-pihak yang berkepentingan seperti Dinas Perhubungan sudah mulai gencar melakukan usaha-usaha penanggulangan,diantaranya usaha untuk mendorong pengguna kendaraan pribadi untuk berpindah menggunakan transportasi umum.Usaha yang dilakukan pun tergolong tidak mudah,berikut beberapa contoh usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk mendorong pengguna kendaraan pribadi beralih ke tranportasi umum.


1.     Menjamin keselamatan penumpang saat menggunakan transportasi   umum.

 Di Indonesia kecelakaan lalu lintas di kelompokan menjadi 4 kategori yaitu kecelakaan berat ,luka parah,luka ringan dan kerusakan kendaraan saja. Angka kecelakaan lalulintas jalan raya di Indonesia saat ini masih cukup tinggi, sebagaimana dilaporkan oleh Polisi Republik Indonesia dengan lebih-kurang 60 (enam puluh) korban kecelakaan setiap harinya. Dari jumlah korban ini, 24 (dua puluh empat) orang di antaranya meninggal dunia. Angka ini tergolong relatif tinggi untuk tingkat ASEAN, di mana 112 orang meninggal dunia setiap harinya akibat kecelakaan lalulintas.Hal diatas merupakan suatu penyebab utama masyarakat enggan menggunakan transportasi umum,sebagai contoh bus yang melewati Surakarta seperti Sumber Kencono yang sekarang berganti nama menjadi Sumber Selamat,bus ini memiliki reputasi yang buruk perihal kecelakaan lalu lintas.Jadi alangkah baiknya jika kita bersama-sama dapat memperbaiki tingkat kecelakaan yang masih tinggi ini sehingga masyarakat tidak enggan lagi menggunakan transportasi umum.

2.     Kebijakan Tarif dan Subsidi

Negara mempunyai kewajiban untuk menyelenggarakan pengangkutan untuk warga negaranya. Hal ini terjadi baik untuk transportasi jalan, kereta api, ASDP dan perkotaan. Dalam menyelenggarakan transportasi untuk warganya pemerintah dapat bekerjasama dengan badan hukum lain, dengan memberikan kompensasi yang sesuai, yang biasanya disebut dengan penugasan pemerintah. Penugasan ini bersifat non-komersial dan
berfungsi untuk memberikan angkutan yang terjangkau untuk seluruh warga negara Indonesia dan pemerintah mempunyai kewenangan penuh untuk melakukan pengaturan, baik dari sisi tarif, tingkat pelayanan,
pembiayaan, menejemen dan lain sebagainya. Dimana pemerintah tidak sanggup untuk menyelenggarakan sendiri, maka pemerintah dapat bekerjasama dengan pihak swasta dengan memberikan subsidi apabila biaya penyelenggaraan angkutan tidak dapat ditutup oleh tarif yang ditentukan pemerintah.Subsidi bersifat sementara untuk memberikan kesempatan masyarakat untuk meningkatkan daya belinya, sehingga selanjutnya yang terjadi dan berjalan adalah mekanisme pasar yang akan dapat mengalokasikan sumber daya dengan se-efisien mungkin.Hal diatas tentusaja dapat meringankan masyarakat dalam pengalokasian biaya yang semurah mungkin untuk menggunakan transportasi umum.

3.     Memperbaiki Aksesbilitas

Aksesbilitas adalah memprioritaskan efisiensi pergerakan orang dan barang,dengan menggunakan solusi yang mengubah perilaku untuk mendorong peralihan moda trasportasi.Ketika mobilitas menjadi prioritas maka cara-cara perbaikan system transportasi untuk meningkatkan volume dan kecepatan kendaraan menjadi yang palig utama.



4.     Pembangunan infrastruktur penunjang transportasi umum

 Pembangunan infrastruktur penujang transportasi umum seperti pembanguna Mono Rail,BRT,LRT,Subway.Dengan banyaknya pilihan transportasi yang dapat diambil masyarakat akan menimbulkan keinginan menggunakan kendaraan umum di banding kendaraan pribadi.


5.     Pembatasan terhadap kendaraan pribadi


Jumlah kendaraan pribadi yang melintasi suatu area dibatasi sedemikian rupa.Contoh system yang diterapkan oleh Dishub Surakarta adalah dengan pembatasan plat nomor ganjil dan genap.

6.     Hentikan subsidi untuk kendaraan pribadi


 Subsidi untuk kendaraan pribadi sangatlah besar, khususnya subsidi yang diberikan pemerintah untuk bahan bakar, untuk pembangunan infrastruktur jalan, membangun tempat parkir maupun prasarana lain untuk mendukung penggunaan kendaraan pribadi yang tidak efisien. Subsidi ini sebaiknya malah dialokasikan untuk membangun angkutan umum dan mendukung operasional angkutan umum yang lebih efisien dalam penggunaan ruang, penggunaan bahan bakar dan sumber daya lainnya.


7.     Meningkatkan daya saing angkutan umum terhadap kendaraan pribadi.

Meningkatan daya saing angkutan umum terhadap kendaraan pribadi dapat ditempuh dengan:

  • Sistem informasi transportasi
  • Integrasi angkutan multi moda
  • Manajemen mobilitas
  • Bareng kekantor
  • Pembatasan akses
  • Promosi penggunaan angkutan umum
  • Road pricing
8.     Megurangi lahan parkir



Pengguna kendaraan pribadi jika mereka akan berkunjung ke suatu tempat mereka akan mencari tempat untuk menitipkan kendaraan mereka,tempat tersebut disebut lahan parkir.Lahan parkir yang selama ini ada dimana-mana dan sangat memanjakan pengguna kendaraan pribadi tapi dapat menimbulkan kemacetan karena menggunakan bahu jalan harus di kurangi.Dengan berkurangnya laha parkir akan mempersulit pengguna kendaraan pribadi sehingga mau tak mau akan berpindah ke transportasi umum.

Demikianlah kebijakan-kebijakan yang bisa di ambil oleh pemerintah untuk mendorog minat masyarakat supaya menggunakan transportasi umum.

3 komentar:

  1. Kalo preambulenya make kalimat sendiri pasti lebih ciamik deh mas bro. Atau kutipannya diambil darimananya dicantumkan :)

    Dilematis emang dengan transportasi negara kita tercinta Indonesia ini

    BalasHapus
  2. wah.....bener juga kata galuh.....
    hehe
    asah terus nas.........

    BalasHapus
  3. Trima kasih mba Galuh Atas saranya,
    Sebenarnya materi di atas adalah materi kuliah saya,jadi sebagian besar sumbernya adalah dosen saya sendiri hehehe...

    BalasHapus